Sabtu, 06 Agustus 2016

Printer Epson L365, bisa mencetak tidak bisa men-scan?

Assalamualaikum wr wb

ErrorMessage

Pagi ini aku mendapat masalah yang agak aneh. Ada user yang mengeluhkan printer-nya bisa mencetak tapi tidak bisa menscan. Saya tindak lanjuti dengan mendatanginya secara personal. Saya menanyainya sekali lagi untuk memastikan masalah yang dihadapi. Kemudian saya mencoba mencetak dengan printer tersebut. Hasilnya ok, berarti bukan kabel USB-nya yang bermasalah.

Saya coba untuk men-scan sebuah dokumen. Hasilnya bisa ditebak, tidak bisa men-scan. User memberikan alternatif, “itu mungkin hardwarenya mungkin yang bermasalah ya mas, la wong baru dua bulan”. Saya tanya apakah pada saat pertama kali printer dipasang sudah pernah men-scan. Belum pernah jawabnya.

Oke, seperti biasa, jika sudah buntu saya langsung mengeluarkan kartu as, bertanya ke mbah Google. Disitu ada beberapa alternatif solusi. Yang pertama, yakni dengan menyamakan IP di printer dengan IP di komputer. Tidak berhasil karena beda jenis printernya sehingga tidak ada setting IP di properti scanner-nya Sad smile

Langkah yang kedua, di epson scan klik kanan, pilih properties. Pilih tab compability kemudian di setting klik tanda kotak disamping field Run this program as an administrator. Jika di komputer tersebut digunakan lebih dari 1 user maka klik command Change setting for all users. Di tab compability for all users, bagian setting  klik kotak disamping field Run this program as an administrator.

epson scan propertiesepson scan properties2

Langkah yang ketiga, saatnya mencoba. Klik tombol epson scan, alhamdulillah bisa. Kemudian masukkan kertas yang akan discan. Tekan tombol scan dan tunggu beberapa saat, ketika sudah selesai maka akan muncul secara otomatis di my pictures dan berformat jpg. Alhamdulillah. Smile

Wassalamualaikum wr wb

9 komentar:

  1. Saya kesulitan menjalankan pilihan scan pada printer L360? Panduan yang ditampilkan ini tidak sesuai
    di layar monitor saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sistem Opperasi yang anda gunakan apa? Printer Epson 360 dan 365 berbeda pak, monggo cek di sini : https://www.facebook.com/AstonPrinterCenter/posts/1042163845806542

      Hapus
  2. Terima kasih informasinya, sebelumnya masalah saya juga sama (bisa print tapi scan tidak bisa) setelah mengikuti prosedurenya, Alhamdulillah udah bisa..
    Terima kasih informasinya :)

    BalasHapus
  3. gan, ane mau pencerahannya nih
    ane punya printer epson L360, lampu power, kertas dan tinta nyala secara bersamaan. bisa print tp tidak bisa scan (udah coba ane bongkar beberapa kali sesuai di tutorial yg ada di internet). nyari solusi di internet udah tp ttp aja hasilnya sama. solusi dari agan udah dicoba sama aja. itu gimana solusinya ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama nih kaya punya ane gitu masalahnya bantu pencerahamya dong

      Hapus
  4. Sama dgn masalah yg saya dapatkan, lampu indikator berkedip, bisa untuk print out, tpi tdk bisa scan atau fotocopy, merk epson L3110

    BalasHapus
  5. Maaf ka saya ko masih gak bisa ya

    BalasHapus