Jumat, 11 Desember 2015

Blue Screen of Death aka BSOD

Jika anda telah menggunakan sistem operasi windows selama beberapa tahun, anda mungkin pernah mengalami hang atau pesan kesalahan "blue screen of death/ bsod' yang terjemahan bebasnya adalah ‘layar biru kematian’.Jika komputer sudah dimatikan komputer dan dinyalakan kembali tidak menyelesaikan masalah ini, anda mungkin dapat mencoba beberapa solusi dibawah ini : 
A. Masalah software 
Jika anda baru saja menginstal program baru, cobalah untuk meng-uninstalnya. Jika meng-uninstal program menyelesaikan masalah ini, hubungi pembuat program untuk memperoleh informasi bagaimana cara menginstal program secara benar sehingga tidak konflik/ bertabrakan dengan windows/ program lain anda 

B. Masalah hardware 
Unduh software yang dapat menganalisa suhu didalam kompuer anda. Salah satunya di situs http://www.cpuid.com/hwmonitor.php dan unduh program dengan nama CPUID Hardware Monitor. Di dalam program tersebut, yang perlu anda cermati adalah bagian temperatures (suhu) baik mainboard ataupun harddisk. Apabila suhu di kedua bagian tersebut melebihi batas atas (Max) yang telah ditentukan, berarti panas berlebihan yang menyebabkan bsod. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut, atur jarak komputer anda dengan dinding, meja, dan lain-lain minimal 15,2 s/d 30,5 cm. Usahakan agar sirkulasi udara komputer dapat berjalan sebagaimana mestinya. Dengarkan suara yang berasal dari kipas komputer anda. Jika anda tidak dapat mendengarnya, kemungkinan kipas tersebut rusak. Dalam kasus ini, segera diganti. 

 Daftar Pustaka Geeks on call PCs : 5-minute fixes / Eric Geier, Jim Geier, and J.R. King. 2006.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar